Senam Hamil

10Jun08

Sudah 2 kali sabtu ini saya ikut senam hamil. Yang pertama di rumah sakit Familia Pluit, saya ikut sessi kedua jam 4 sore. Senam hamil dengan metode Yoga ,diikuti sekitar 20 ibu-ibu hamil. Semua mendapat goody bag buku dari Wyeth tentang kehamilan. Diawali dengan peregangan lalu inti dan pendinginan, senam di Familia cukup berat bagi ibu2 hamil dan menurut saya banyak tips2 yang membantu terutama utk teknik2 pernafasan saat persalinan dan cara mengejan yang baik dan benar.Di senam hamil ini juga ada beberapa teknik yg tidak dianjurkan untuk kehamilan dibawah 35 minggu. secara garis besar senam hamil ini sangat bermanfaat untuk ibu ibu yang mau melahirkan normal.

Sabtu kemaren saya ikut senam hamil di Hermina Sunter, dan saya memang berencana melahirkan di Hermina sunter. Senam dimulai jam 5 sore pesertanya hanya sekitar 8 orang. jadi lebih personal pengajarannya . Karena saya datang terlambat (karena di Hermina ditimbang dan ditensi dulu) + bayar adm Rp 15.000,-. Instrukturnya sabar dan memberi arahan untuk tiap-tiap peserta. Namun untuk gerakan memang di Familia lebih sulit dan lebih banyak yg diajarkan. Setelah kurang lebih 1 jam senam berakhir dan tiap peserta dicek  denyut jantung bayinya. Terakhir  peserta disuguhi susu dan martabak telur. Karena saya sudah memasuki 38 minggu maka oleh suster diajarin teknik mengejan sesuai dengan dokter kandungan masing -masing.
Well saran saya untuk ibu ibu hamil sebaiknya mengikuti senam hamil di rumah bersalin yang akan digunakan utk persalinan.



No Responses Yet to “Senam Hamil”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

